Cara Bikin Granola, Ikuti Resep Ini Dijamin Enak!
Published on: April 10, 2021
Author: Laetobz
Spread the love

Bingung cara bikin granola? Makanan satu ini sekarang menjadi salah satu menu sarapan paling hits di antara para pecinta gaya hidup sehat. Mulai dari blogger sampai selebriti tengah tergila-gila dengan makanan satu ini. Granola terdiri dari rolled oats, biji-bijian, kacang-kacangan, aneka buah kering, dan madu. Makanan ini baik untuk dikonsumsi di pagi hari karena mampu memberikan asupan energi yang lebih baik untuk pencernaan. Selain itu granola juga kaya akan serat pangan yang mengenyangkan dengan kalori relatif rendah.

cara bikin granola

Saat ini banyak merek granola yang mulai beredar di pasaran. Tetapi tidak semuanya bisa dikategorikan sebagai makanan sehat. Sebagian besar granola kemasan sudah ditambahkan gula, cokelat, atau perasa lain yang otomatis juga meningkatkan kandungan kalori di dalamnya. Selain itu harga granola kemasan juga relatif mahal.

Tetapi sebenarnya cara bikin granola dirumah juga bisa. Makanan ini cukup simpel dalam proses pembuatan. Selain itu, dengan memasak sendiri kamu bisa mengontrol kalori di dalam granola yang kamu santap.

Bahan pembuatan granola 

Berikut ini resep dan panduan untuk membuat granola yang sehat.

Bahan basah:

2 sdm minyak sayur

125 ml gula cair rendah kalori

2 sdm madu organik

1 sdt ekstrak vanili

Biji-bijian:

300 g rolled oats

50 g biji bunga matahari

4 sdm biji wijen

50g biji labu

Kacang-kacangan:

50 g almond cincang

50 g kacang mede

Buah kering:

50 g kismis

50 gram beri kering

Cara membuat:

  • Panaskan oven dengan suhu 150 derajat Celcius. Kemudian campurkan bahan-bahan basah dalam mangkuk besar. Aduk dengan sendok sampai benar-benar tercampur.
  • Tambahkan rolled oats, kacang-kacangan, dan biji-bijian, kemudian aduk lagi hingga tercampur rata.
  • Tuangkan granola ke dalam loyang datar. Jangan ditumpuk agar seluruh bagian granola bisa matang sempurna saat dipanggang. Panggang selama 15 menit. Angkat dan campurkan buah kering, kemudian panggang kembali selama 10-15 menit.
  • Keluarkan granola dari loyang, dinginkan, kemudian tempatkan di wadah tertutup untuk penyimpanan. Granola ini bisa disimpan sampai satu bulan lebih.

Catatan:

  • Sajikan granola seperti sereal dengan susu rendah kalori.
  • Rolled oats adalah gandum yang dipipihkan sebelum dikeringkan. Berbeda dari oatmeal instan, rolled oats memiliki bentuk yang lebih utuh dan pipih. Produk ini bisa didapatkan di supermarket.
  • Kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan kering bisa diganti dengan bahan lain, sesuai selera. Misalnya saja kacang tanah (mentah), sultana, atau kenari.
  • Gula cair juga bisa diganti dengan gula jawa rendah kalori atau sirup maple rendah kalori.

Recent Post

BACA YANG LAIN

5 Menu Buka Puasa Sehat yang Kamu Bisa Bikin Sendiri

5 Menu Buka Puasa Sehat yang Kamu Bisa Bikin Sendiri

Halo teman sehat! Bagaimana kabar kalian di bulan puasa ini? Pasti puasanya pada lancar dong. Kali ini minkuy mau berbagi beberapa resep makanan sehat yang dapat kalian santap setelah berbuka puasa nih sahabat sehat. Menu buka puasa ini merupakan kurasi dari...

9 Resep Jus Buah yang Kamu Bisa Bikin Setiap Hari

9 Resep Jus Buah yang Kamu Bisa Bikin Setiap Hari

Halo teman sehat! Bagaimana kabar kalian di bulan puasa ini? Pasti puasanya pada lancar dong. Kali ini minkuy mau berbagi beberapa resep jus buah segar yang dapat kalian santap setelah berbuka puasa atau sewaktu sahur. Jus buah kaya dengan nutrisi dan memenuhi kebutuh...

7 Resep Granola Untuk Sarapan Pagi Mu

7 Resep Granola Untuk Sarapan Pagi Mu

Halo teman sehat! Pernah tidak sih teman sehat mendengar makanan yang bernama Granola? Kalau belum tahu maka minkuy akan memberikan penjelasan singkat tentang granola. Granola adalah makanan sarapan dan makanan ringan yang terdiri dari oat gulung, kacang-kacangan,...

0 Comments

Leave a Reply