Makanan Tinggi Serat yang Bisa Memperpanjang Umur
Published on: April 24, 2021
Author: Denny Adinugroho
Spread the love

Halo teman sehat, selamat datang di Sehatkuy.id! Teman sehat kunci untuk hidup yang sehat dan gaya hidup sehat untuk akhirnya memperpanjang umur dan kesehatan kita secara keseluruhan merupakan pola makan kita. Pola makan kita atau juga bisa dibilang diet kita sehari-hari merupakan refleksi dari pilihan makanan yang biasa kita santap untuk makan pagi, siang, dan malam. Salah satu nutrisi yang bermanfaat untuk metabolisme kita apalagi buat orang yang mau diet merupakan serat. Nah apa si pentingnya serat dan kalau mau makanan tinggi serat mending makan apa ya? Yuk teman sehat simak artikel ini supaya kalian bisa melakukan langkah pertama untuk gaya hidup yang kalian inginkan.

Makanan Tinggi Serat Penyelamat Orang Diet

Nah pasti kalian pernah dengerkan kalau kalian lagi mau diet untuk menurunkan berat badan, pasti banyak rekomendasi untuk meningkatkan asupan serat supaya metabolisme kita jauh lebih baik. Nah mau tau kenapa banyak yang rekomendasiin makanan yang ada seratnya terus? Simak video ini ya teman sehat jika kalian mau tahu rahasianya serat bagi tubuh kita, dari teman kita PBS yang akan menceritakan kisah para pakar riset nutrisi tentang pentingnya serat.

Berbagai Macam Makanan Berbagai Macam Seratnya

Nah bagi yang udah nonton videonya pasti tahu dong pentingnya serat untuk tubuh kita, tapi bagi teman sehat yang tidak nonton Minkuy akan kasih recap. Jadi teman sehat tubuh kita memerlukan serat karena serat merupakan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan usus kita. Memakan makanan yang tinggi serat dapat mencegah atau meredahkan penyakit seperti sembelit, membantu limbah tubuh mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh, dan juga mendorong mikrobiota usus yang sehat. Nah apa si makanan yang tinggi serat yang bisa kamu makan setiap harinya?

1. Biji Bijian yang Tinggi Serat

Teman sehat ada loh biji yang bisa kita campur dengan makanan utama kita supaya serat yang di dapatkan lebih banyak. Biji-bijian ini hampir 100% dipenuhi dengan serat dilansir dari Very Well Fit:

  • Flax Seeds/ Biji Rami
    Hampir tidak ada karbohidrat yang bisa digunakan dalam biji rami. Mereka sangat tinggi serat larut dan tidak larut (sekitar sepertiga dari serat larut). Flax kaya akan nutrisi dan bisa menjadi sumber serat rendah karbohidrat utama. Satu sendok makan bubuk rami mengandung 2 gram karbohidrat, 1,9 di antaranya adalah serat.
  • Chia Seeds
    Ini memiliki profil serat dan karbohidrat yang mirip dengan biji rami. Biji chia dapat digunakan dengan berbagai cara, termasuk sebagai aditif yogurt atau topping salad.

2. Brokoli

Teman sehat brokoli merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh kita:

Brokoli (mentah) mempunayi kadar serat: 1 cangkir brokoli mentah cincang memiliki 4 gram karbohidrat yang bisa digunakan, 2 gram serat

Kembang kol (dimasak) mempunyai kadar serat: 1/2 cangkir kembang kol cincang, dimasak memiliki 1 gram karbohidrat yang dapat digunakan, 2 gram serat

3. Alpukat

Teman sehat alpukat bisa dibilang juga buah seribu manfaat yang bisa membuat tubuh kita secara keseluruhan lebih baik dan sehat. Tapi teman sehat tau gak sih kalau alpukat juga mempunyai kadar serat yang tinggi. Pantes dong jadi makanan favorit buat orang yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Kadar nutrisi alpukat seperti contoh150 gram alpukat saja memiliki 3 gram karbohidrat yang dapat digunakan, 10 gram serat. Nah kalau kalian belum tahu kita juga ada nih aritkel sendirinya untuk buah ajaib ini.

Baca Lagi: MANFAAT ALPUKAT YANG BIKIN KAGET

4. Pisang

Pisang bisa juga dibilang salah satu buah ajaib yang setara sama alpukat, tapi kalau boleh jujur nih teman sehat Minkuy lebih suka pisang karena rasanya jauh lebih enak (opini aja ya jangan marah)

Pisang memiliki kadar 1 pisang berukuran medium dapat memiliki kalori sebesar 105 dan memiliki kadar serat sebanyak 3.1 gram. Kita juga punya artikel sendiri nih buat buah yang satu ini.

Baca Lagi: 5 MANFAAT MAKAN PISANG SETIAP HARI

Sebarapa Banyak Serat yang Sebaiknya Kita Makan?

Dilansir dari Medical News Today mengatakan jika menurut riset dari Academy of Nutrition and Dietetics, asupan yang direkomendasikan untuk serat makanan dalam diet 2.000 kalori adalah:

25 gram (g) per hari untuk wanita dewasa
38 g per hari untuk pria dewasa
Orang membutuhkan lebih sedikit serat setelah usia 50 tahun sekitar 21 g untuk wanita dan 3g untuk pria. Selama kehamilan atau menyusui, wanita harus mengonsumsi setidaknya 28 g per hari.

Nah gimana nih teman sehat udah tau kan kenapa serat itu penting buat tubuh kita, semua rekomendasi makanan yang tinggi serat yang sudah tercantum merupakan makanan yang bisa di beli di setiap supermarket atau pasar. Jadi jangan males ya teman sehat untuk mengasumsi serat dan jangan banyak-banyak juga ya nanti sakit loh. Itu aja untuk sekarang Minkuy mau makan pisang dulu ah…

Baca Lagi: 9 RESEP JUS BUAH YANG KAMU BISA BIKIN SETIAP HARI

Summary
Makanan Tinggi Serat yang Bisa Memperpanjang Umur
Article Name
Makanan Tinggi Serat yang Bisa Memperpanjang Umur
Description
Teman sehat tau ga sih kalau makanan yang tinggi serat dapat memperbaiki tubuh kita dan menjaga tubuh tetap segar
Author
Publisher Name
Sehatkuy.id

Recent Post

BACA YANG LAIN

5 Menu Buka Puasa Sehat yang Kamu Bisa Bikin Sendiri

5 Menu Buka Puasa Sehat yang Kamu Bisa Bikin Sendiri

Halo teman sehat! Bagaimana kabar kalian di bulan puasa ini? Pasti puasanya pada lancar dong. Kali ini minkuy mau berbagi beberapa resep makanan sehat yang dapat kalian santap setelah berbuka puasa nih sahabat sehat. Menu buka puasa ini merupakan kurasi dari...

9 Resep Jus Buah yang Kamu Bisa Bikin Setiap Hari

9 Resep Jus Buah yang Kamu Bisa Bikin Setiap Hari

Halo teman sehat! Bagaimana kabar kalian di bulan puasa ini? Pasti puasanya pada lancar dong. Kali ini minkuy mau berbagi beberapa resep jus buah segar yang dapat kalian santap setelah berbuka puasa atau sewaktu sahur. Jus buah kaya dengan nutrisi dan memenuhi kebutuh...

Cara Bikin Granola, Ikuti Resep Ini Dijamin Enak!

Cara Bikin Granola, Ikuti Resep Ini Dijamin Enak!

Bingung cara bikin granola? Makanan satu ini sekarang menjadi salah satu menu sarapan paling hits di antara para pecinta gaya hidup sehat. Mulai dari blogger sampai selebriti tengah tergila-gila dengan makanan satu ini. Granola terdiri dari rolled oats,...

0 Comments

Leave a Reply