Manfaat Alpukat yang Bikin Kaget
Published on: April 13, 2021
Author: Denny Adinugroho
Spread the love

Halo teman sehat, selamat datand di Sehatkuy.id! Pasti teman sehat sudah tahu untuk membangun pola hidup sehat yang baik, kita juga harus mengonsumsi makanan yang bergizi supaya tubuh kita tetap terjaga dan imunitas kuat. Nah kali ini kita akan membahas dari salah satu makanan yang bergizi berupa alpukat. Sekarang kan udah banyak tuh yang trending makan alpukat katanya bagus banget buat tubuh kita, tapi teman sehat tahu tidak sih manfaat alpukat untuk kita? Yuk di simak yuk

Alpukat untuk Kamu! Alpukat untuk Kita Semua!

Teman sehat pasti kita semua tahu yang mana itu alpukat, buah warna hijau yang ada bijinya gede selalu ada untuk kita di pasar atau supermarket terdekat. Alpukat yang awalny berasal dari meksiko sudah mereka pakai untuk berbagai macam makanan dan sekarang menjadi mamkanan internasional.

Menurut California Avocado pada era diantara 7.000 dan 5.000 SM Tetapi butuh beberapa milenium sebelum varietas liar ini dibudidayakan. Arkeolog di Peru menemukan biji alpukat peliharaan yang terkubur bersama mumi Inca yang berasal dari tahun 750 SM. dan ada bukti bahwa alpukat dibudidayakan di Meksiko sejak 500 SM.

Alpukat juga mempunyai nutrisi yang baik untuk tubuh teman sehat. Dilansi dari Everyday Health dengan memakai riset Pusat Nasional untuk Informasi Bioteknologi (NCBI) Amerika Serikat, ini adalah nutrisi untuk satu setengah alpukat yang lebih tepatnya 68 gram:

  • Kalori 114
  • Serat makanan 6 g
  • Total gula 0,2 g
  • Kalium 345 miligram (mg)
  • Natrium 5,5 mg
  • Magnesium 19,5 mg
  • Vitamin A 43 mikrogram (μg)
  • Vitamin E 1,3 mg
  • Vitamin K 14 μg
  • Vitamin B-6 0,2 mg
  • Asam lemak tak jenuh tunggal 6.7 g

Jika teman sehat ingin mengenal buah alpukat lebih dalam boleh di simak video bagus satu ini, video ini akan memberitahukan teman sehat fakta-fakta menarik mengenai alpukat. Yuk teman sehat kita simak video berikut dari teman sehat kita Mashable.

Manfaat Alpukat yang Ajaib Bagi Tubuh Kita

Teman sehat seperti kita ketahui kalau ingin membangun pola hidup menjadi lebih sehat lagi kita harus mulai dengan pola makan yang seimbang. Salah satu cara untuk membangun pola makan sehat yaitu mengetahui apa saja yang kita makan, dan bagaimana nutrisi dari makanan tersebut dapat berdampak kepada tubuh kita. Sejumlah penelitian mengatakan bahwa alpukat dapat membantu menghindari dan menyembuhkan beberapa penyakit. Mau tau? Yuk kita kenali manfaat alpukat bagi tubuh kita.

1. Sehat untuk Hati Kita

Teman sehat karena alpukat merupakan buah yang penuh nutrisi salah satu dampak baik bagi tubuh kita ada hati kita, alpukat membantu hati dan peredaran darah kita jauh lebih lancar. Dilansir dari Medical News alpukat mengandung 25 miligram per ons sterol tumbuhan alami yang disebut beta-sitosterol. Konsumsi rutin beta-sitosterol dan sterol tumbuhan lainnya telah terbukti membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat.

Nah bagi teman sehat yang suka makan daging atau makan makanan yang berlemak jangan lupa sama kolestrol berbahaya, jangan kaget loh kalo masih muda zaman sekarang udah ada kolestrol yang biasanya penyakit orang yang sudah dewasa. Karena kemudahan yang zaman ini berikan kita sering kali lupa untuk melihat nutrisi dari makanan yang kita makan, tapi jangan khawatir salah satu cara menghindarinya ingat sama alpukat buah yang bisa membantu mengontrol kolestrol kita.

Baca lagi bagi kalian yang gamau kolestrol: HAI MILENIAL, YUK HIDUP SEHAT TANPA KOLESTEROL!

2. Bagus untuk Mata

Teman sehat yang kecanduan sama webtoon di smartphone atau mungkin sekarang lagi baca harus disipitin dulu mungkin ini bisa membantu kalian memperbaiki matanya. Seperti dengan manfaat yang teman sehat sudah belajar di atas, alpukat tidak hanya dapat menjaga salah satu bagian dari tubuh kita tetapi juga mata kita. Alpukat mempunyai nutrisi yang kaya vitamin E, Lutein, dan Zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin merupakan dua antioksidan dalam alpukat yang baik untuk menjaga kesehatan mata teman sehat, kedua antioksidan ini membantu melindungi jarangan mata dari kerusakan sinar UV dan membantu mencega katarak.

3. Mengandung Lebih Banyak Potasium dari Pisang

Potasium merupakan nutrisi yang kadang tidak semua orang pikirkan, tetapi potasium merupakan nutrisi yang penting karena dapat membantu menjaga kerja sel dalam tubuh dan melayani berbagai fungsi penting. Potasium juga mengontrol tinggi level sodium kita, jadi buat orang-orang yang tim asin jangan kelebihan makan kentang gorengnya karena sodium juga dapat merusak tubuh kita.

Dilansi dalam HealthlineAlpukat sangat tinggi kalium. Paket porsi 3,5 ons (100 gram) 14% dari tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA), dibandingkan dengan 10% pada pisang, yang merupakan makanan khas kalium tinggi (5).

4. Menurunkan Risiko Depresi

Nah ini yang kita cari pas masa pandemi teman depresi, teman sehat siapa tahu ternyata buah ijo yang bisa di beli bisa dimana aja hati ku senang ini menjadi obat depresi termurah kita. Beberapa studi mengatakan bahwa adanya hubungan dari depresi dan kadar Folat pada tubuh kita. Ternyata folat ini dapat membantu untuk mencairkan zat-zat yang menumpuk disebut juga homosistein dalam darah tubuh kita.

Alpukat memiliki kadar folat yang sangat tinggi jadi dapat membantu kebutuhan kadar folat sehari-hari kita, jadi dengan harapan kalau teman sehat rutin memakan alpukat teman sehat akan makin jago handle stresny, tidak sering merasakan cemas, dan dapat menghindari gejala-gejala depresi.

5. Membantu Pencernaan Tubuh

Ini yang ditunggu buat teman sehat yang sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan. Bagi teman sehat belum tahu untuk menjalankan diet yang efektif, teman sehat harus mengkombinasikan pola makan yang sehat dan rutin berolahraga supaya tubuh teman sehat dapat membakar lemak lebih baik dan tubuh dapat memenuhi nutrisi yang diperlukan sehari-hari.

Alpukat dapat membantu proses diet teman sehat dengan cara mempercepat pencernaan sehingga penyerapan nutrisi pada tubuh kita makin cepat. Nah kenapa bisa gitu? Alpukat memiliki kadar serat yang tinggi dengan kurang lebih 6-7 gram per setengah buah. Mengonsumsi makanan dengan serat alami dapat membantu mencegah sembelit, menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan menurunkan risiko kanker usus besar.

Nah gimana teman sehat udah tahu kan kenapa buah ijo yang satu ini bisa dibilang ajaib untuk tubuh kita, udah nutrisinya banyak, manfaatnya banyak, sekarang karena udah jadi buah internasional gampang banget lagi dicari di pasar atau di supermarket. Mingkuy berharap banget nih kalau teman sehat bisa terinspirasi dan mengubah pola makan teman sehat menjadi yang lebihb baik untuk tubuh teman sehat. Itu dulu ya teman sehat Minkuy laper jadinya.

Baca lagi untuk teman sehat yang ingin memaham lebih baik dengan dunia perdietan sebenernya ga susah kok cuman disusahin: PAHAMI CARA DIET YANG BENAR SUPAYA KAMU TIDAK GAMPANG SAKIT!

Recent Post

BACA YANG LAIN

5 Menu Buka Puasa Sehat yang Kamu Bisa Bikin Sendiri

5 Menu Buka Puasa Sehat yang Kamu Bisa Bikin Sendiri

Halo teman sehat! Bagaimana kabar kalian di bulan puasa ini? Pasti puasanya pada lancar dong. Kali ini minkuy mau berbagi beberapa resep makanan sehat yang dapat kalian santap setelah berbuka puasa nih sahabat sehat. Menu buka puasa ini merupakan kurasi dari...

9 Resep Jus Buah yang Kamu Bisa Bikin Setiap Hari

9 Resep Jus Buah yang Kamu Bisa Bikin Setiap Hari

Halo teman sehat! Bagaimana kabar kalian di bulan puasa ini? Pasti puasanya pada lancar dong. Kali ini minkuy mau berbagi beberapa resep jus buah segar yang dapat kalian santap setelah berbuka puasa atau sewaktu sahur. Jus buah kaya dengan nutrisi dan memenuhi kebutuh...

Cara Bikin Granola, Ikuti Resep Ini Dijamin Enak!

Cara Bikin Granola, Ikuti Resep Ini Dijamin Enak!

Bingung cara bikin granola? Makanan satu ini sekarang menjadi salah satu menu sarapan paling hits di antara para pecinta gaya hidup sehat. Mulai dari blogger sampai selebriti tengah tergila-gila dengan makanan satu ini. Granola terdiri dari rolled oats,...

0 Comments

Leave a Reply