Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Yang Bisa Kamu Lakuin Sendiri
Published on: April 19, 2021
Author: Denny Adinugroho
Spread the love

Halo teman sehat selamat data di Sehatkuy.id! Sebelumnya bagi yang menjalankan puasa, selamat menjalankan ibada puasa, dan semoga hari-hari dipenuhi berkat dan semangat. Walaupun di Indonesia biasanya di jalankan bagi orang muslim pada bulan puasa, tapi kali ini Minkuy mau kasih tahu manfaat puasa bagi kesehatan kita secara keseluruhan. Jadi teman sehat puasa itu dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan kita, dan dapat di lakukan kapan saja walaupun tidak bulan puasa. Sebelom kalian males bacanya, puasa bagi orang yang ingin menjaga kesehatan, menurunkan berat badan, atau bahkan memperbaikan kesehatan dapat dilakukannya semua dengan melakukan puasa kita sendiri.

Puasa Bagi Orang Sehat

Teman sehat kemungkinan puasa bagi kesehatan kita bukan hanya katanya orang baik bagi tubuh kita. Tapi sudah ada penelitian yang mendukung kalau puasa memang sehat bagi kita dan dapat membantu kita untuk membangung pola kesehatan yang lebih sehat lagi. Kalau ga percaya… simak aja video berikut dari teman sehat kita Clinic Buchinger Wilhelmi I The Fasting Experts akunnya aja namanya udah The Fasting Expert. Dalam video ini kalian akan mengetahui dukungan sains dari puasa bagi kesehatan kalian, di simak ya teman sehat.

Apa Aja Manfaat Puasa Bagi Kesehatan yang Kita Dapat?

Oke teman sehat bagi kalian yang sempat simakin videonya pasti udah tahu beberapa dari dukungan kesehatan yang positif yang bisa di dapatkan dalam melakukan puasa untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Tapi ternyata masih banyak lagi manfaat-manfaat yang kita bakal dapatkan jika kita melakukan puasa. Bagi teman sehat yang gabisa nonton videonya dibaca baik-baik ya mungkin saja kalian bisa belajar satu dua cara untuk memperbaikan tubuh mu.

1. Tingkatkan kinerja kognitif

Menjalankan puasa dapat meningkatkan kinerja kognitif dari otak kita, penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukan bahwa adanya peningkatkan yang dikarenkan berubahnya kebiasaan tubuh kita dalam sehari-hari.

Menurut studi yang dilakukan dalam Effect of 48 h Fasting on Autonomic Function, Brain Activity, Cognition, and Mood in Amateur Weight Lifters oleh Rima Solianik, * Artūras SujetaAsta Terentjevienė, and Albertas Skurvydas tersebut simplenya dalam menjalankan puasa dapat membantu melindungi kesehatan otak kita dan meningkatkan kinerja tubuh kita dalam pembentukan sel saraf otak untuk meningkatkan kinerja kognitif yang dilakukan otak kita.

2. Meningkatkan Kesehatan yang Lebih Baik dengan Membantu Peradangan

Teman sehat peradangan yang tinggi dalam tubuh kita ternyata merupakan proses tubuh kita dalam penyembuhan dari penyakit yang kita alami. Jika tubuh kita tidak mendapatkan nutrisi yang baik, tubuh kita akan berakhir dalam penurunan imunitas tubuh yang kita miliki. Dengan itu teman sehat dapat membantunya dengan melakukan puasa versi kita sendiri.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa bisa menurunkan beberapa penanda peradangan dan semoga bermanfaat dalam mengobati kondisi inflamasi, seperti multiple sclerosis.

3. Meningkatkan Kesehatan Kita Secara Keseluruhan

Perlu diketahui teman sehat penyakit jantung saat ini adalah pembunuh terbesar di dunia. Diketahui bahwa berbagai penanda kesehatan yang dapat dikaitkan dengan peningkatan atau penurunan risiko penyakit jantung. Semoga ini dapat menjadi lampu kuning teman sehat untuk memulai menjaga pola makan yang sehat.

Dengan melakukan puasa sendiri telah terbukti beberapa kali puasa dapat meningkatkan berbagai faktor risiko, termasuk tekanan darah, kolesterol total dan LDL, trigliserida darah, penanda inflamasi, dan kadar gula darah.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan dan Membakar Lemak

Kalau teman sehat sudah pernah membaca artikel kita PAHAMI CARA DIET YANG BENAR SUPAYA KAMU TIDAK GAMPANG SAKIT! pasti teman sehat tahu beberapa cara diet yang baik untuk tubuh kita. Puasa juga bisa kita kaitkan dengan diet defisit kalori karena kita hanya makan satu kali di pagi dan satu kali di sore atau malam hari.

Puasa akan mengurangi keselurahn dari kalori yang kita makan pada setiap harinya, dan dengan aktivitas yang kita lakukan setiap hari dapat membantu tubuh kita dalam mencerna nutrisi atau lemak yang ada supaya tubuh kita masih dapat bekerja dengan baik. Dengan kurangnya kalori yang tubuh kita perlukan pada setiap hari tubuh kita akan memulai untuk memecahkan lemak yang tidak digunakan supaya menjadi bensin tubuh kita hari itu.

Jadi buat teman sehat yang mau diet atau bakar lemak deh, cobain aja puasa untuk kesehatan teman sehat.

5. Puasa Dapat Mengontrol Gula Darah

Teman sehat sudah ada beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat berguna bagi mereka yang berisiko diabetes. Sudah di coba beberapa kali? Tetapi satu penelitian pada 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa puasa intermiten jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darah.

Dilansir dari Healthline penurunan resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap insulin, memungkinkannya untuk mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel Anda dengan lebih efisien.

Ditambah dengan potensi efek penurunan gula darah dari puasa, ini dapat membantu menjaga gula darah Anda tetap stabil, mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah Anda.

Nah gimana teman sehat bagi kamu yang tidak merayakan ibada puasa apakah sekarang mau coba berpuasa untuk beberapa kali? Tidak ada salah mencoba beberapa eksperimen yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan kita ya teman sehat.

Recent Post

BACA YANG LAIN

5 Menu Buka Puasa Sehat yang Kamu Bisa Bikin Sendiri

5 Menu Buka Puasa Sehat yang Kamu Bisa Bikin Sendiri

Halo teman sehat! Bagaimana kabar kalian di bulan puasa ini? Pasti puasanya pada lancar dong. Kali ini minkuy mau berbagi beberapa resep makanan sehat yang dapat kalian santap setelah berbuka puasa nih sahabat sehat. Menu buka puasa ini merupakan kurasi dari...

9 Resep Jus Buah yang Kamu Bisa Bikin Setiap Hari

9 Resep Jus Buah yang Kamu Bisa Bikin Setiap Hari

Halo teman sehat! Bagaimana kabar kalian di bulan puasa ini? Pasti puasanya pada lancar dong. Kali ini minkuy mau berbagi beberapa resep jus buah segar yang dapat kalian santap setelah berbuka puasa atau sewaktu sahur. Jus buah kaya dengan nutrisi dan memenuhi kebutuh...

Cara Bikin Granola, Ikuti Resep Ini Dijamin Enak!

Cara Bikin Granola, Ikuti Resep Ini Dijamin Enak!

Bingung cara bikin granola? Makanan satu ini sekarang menjadi salah satu menu sarapan paling hits di antara para pecinta gaya hidup sehat. Mulai dari blogger sampai selebriti tengah tergila-gila dengan makanan satu ini. Granola terdiri dari rolled oats,...

0 Comments

Leave a Reply