Olahraga Saat Puasa Boleh Enggak Si?
Published on: April 23, 2021
Author: Denny Adinugroho
Spread the love

Halo teman sehat selamat datang di Sehatkuy.id! Untuk kalian-kalian yang menjalankan ibadah puasa pernah kepikiran ga si, kalau kita lagi puasa nih mendingan kita olahraga enggak yah? Logis dong soalnya kan kalo kita lagi puasa kita tidak makan seperti biasa malahan asupan setiap harinya lebih dikit, pas kerja atau kelas aja udah lemes, kalau di tambah olahraga rutin emang besoknya ga tipes apa? Nah yuk teman sehat kita diskusiin apa olahraga saat puasa itu akan memberikan dampak yang sehat atau dampak yang tidak sehat pada tubuh kita.

Olahraga Saat Puasa?! Yang Bener Aja Lo?!

Supaya kalian yakin sama topik artikel yang dibawa dalam artikel ini, yuk kita simak dulu video yang akan memberikan informasi dasar mengenai boleh atau tidaknya kita melakukan olahraga saat puasa dari teman sehat kita Dr. Eric Berg DC. Di simak ya teman sehat informasi dari dokter ini akan berguna jika kalian serius mau olahraga sewaktu menjalankan ibadah puasa atau puasa mandiri.

Emang Boleh Olahraga?

Nah teman sehat pasti pertanyaan yang muncul di otak kalian pertama adalah ‘emang boleh olahraga?’. Kalau kita jabarin secara logika yang seperti diatas memang benar kalau sewaktu kita puasa kita akan makan lebih sedikit dari pada biasanya yang akhirnya akan mengurangi asupan nutrisi yang tubuh kita perlukan untuk tetap aktif pada siang hari. Takutnya kita enggak bisa melanjutkan ibadah puasa kita, dan akhir-akhirnya jatuh sakit dan harus masuk ke rumah sakit (ini lebay aja mon maap).

Tetapi dilansir dari Prospect Medical Olahraga dengan perut kosong tidak hanya diperbolehkan, tetapi sebenarnya juga meningkatkan manfaat olahraga dan puasa teman sehat. Berolahraga pas puasa akan dianggap tubuh sebagai pendekatan multi-terapi, mekombinasikan dari dua hal yang mempromosikan kesehatan yang sehat untuk tubuh kita yang setiap individual atau teman sehat beneran bisa meningkatkan manfaat satu sama lain. Nah apa aja si manfaatnya baca yang teliti ya teman sehat, manfaat olahraga saat puasa merupakan:

1. Meningkatkan Sensitivitas insulin

Insulin adalah hormon yang mengontrol berapa banyak glukosa (gula) yang mengambang di aliran darah tubuh teman sehat.

Masalahnya adalah makan terlalu banyak dan terlalu sering dapat membuat Anda lebih kebal terhadap efek insulin. Sensitivitas insulin yang buruk meningkatkan risiko penyakit jantung dan mengurangi seberapa masalah yang diakibatkan oleh kurangnya insulin (seperti diabetes).

Makan lebih jarang adalah salah satu cara untuk membantu memeriksa sensitivitas insulin teman sehat sebelum rusak sendiri. Kalau teman sehat makan lebih jarang, tubuh tubuh teman sehat melepaskan insulin lebih jarang, sehingga Anda menjadi lebih sensitif terhadapnya. Nah sewaktu kita berolahraga tubuh kita akan lebih baik dalam membakar lemak yang tiduk diperlukan dalam tubuh teman sehat, sehingga teman sehat dapat menurunkan berat badan dengan sendirinya.

2. Mengontrol Gula Darah Tubuh

Masih berhubungan dengan poin di atas, jika kita melakukan olahraga sewaktu menjalankan ibadah puasa atau puasa sendiri tubuh kita akan lebih baik dalam mengontrol gula darah dalam tubuh. Karena olahraga mempromosikan meningkatnya sensitivitas insulin pada tubuh, tubuh kita otomatis dapat mengontrol gula darah tubuh kita lebih baik. Ini dikarenakan tubuh kita dapat memproduksi insulin alami lebih banyak sehingga tubuh kita dapat memilih untuk membuangnya atau memakainya supaya gula darah kita dapat terkontrol.

3. Membakar Lemak Lebih Cepat

Karena teman sehat pada dasarnya melakukan olahraga atau aktivitas fisik dengan perut kosong, tubuh teman sehat akan lebih banyak membakar lemak.

Tentu dikarenakan teman sehat tidak memiliki asupan makanan yang masuk dalam tubuh, akhirnya tubuh akan menggunakan energi alternatif dalam tubuh. Energi alternatif itu merupakan lemak yang sebelumnya dijadikan untuk menjadi cadangan energi sewaktu kita tidak sempat makan.

4. Metode Anti Penuaan Untuk Kamu yang Ingin Selalu Muda

Di lansir dari Medical News Today, ternyata puasa itu bisa membantu tubuh kita tetap muda. Sebuah studi 2018 menemukan bahwa puasa dan olahraga dapat memperlambat proses penuaan dan penyakit. Ini karena melakukan puasa dan olahraga dapat menyebabkan perubahan metabolisme yang terjadi dalam tubuh teman sehat.

Kapan Kita Boleh Olahraga Saat Puasa?

Waktu terbaik untuk teman sehat berolahraga saat puasa mandiri biasanya saat bangun tidur, atau segera setelahnya, untuk mendukung ritme sirkadian alami tubuh. Prospect Medical mengatakan studi menunjukkan bahwa berolahraga (atau makan) terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu tingkat tidur nyenyak dan REM, jadi lebih baik simpan olahraga untuk hari berikutnya.

Untuk para teman sehat yang melakukan ibada puasa Minkuy anjurkan untuk melakukan olahraga pada sore hari sewaktu menunggu buka puasa, sehingga tidak mengaggu ibadah pada pagi hari.

Nah gimana teman sehat udah mau coba belom olahraga pas lagi jalanin puasa. Jangan lupa setelah olahraga kalian langsung makan ya supaya tubuh kamu juga mendapatkan nutrisi yang diperlukannya. Selamat mencoba teman sehat!

Baca lagi: MANFAAT PUASA BAGI KESEHATAN YANG BISA KAMU LAKUIN SENDIRI

Recent Post

BACA YANG LAIN

5 Menu Buka Puasa Sehat yang Kamu Bisa Bikin Sendiri

5 Menu Buka Puasa Sehat yang Kamu Bisa Bikin Sendiri

Halo teman sehat! Bagaimana kabar kalian di bulan puasa ini? Pasti puasanya pada lancar dong. Kali ini minkuy mau berbagi beberapa resep makanan sehat yang dapat kalian santap setelah berbuka puasa nih sahabat sehat. Menu buka puasa ini merupakan kurasi dari...

9 Resep Jus Buah yang Kamu Bisa Bikin Setiap Hari

9 Resep Jus Buah yang Kamu Bisa Bikin Setiap Hari

Halo teman sehat! Bagaimana kabar kalian di bulan puasa ini? Pasti puasanya pada lancar dong. Kali ini minkuy mau berbagi beberapa resep jus buah segar yang dapat kalian santap setelah berbuka puasa atau sewaktu sahur. Jus buah kaya dengan nutrisi dan memenuhi kebutuh...

Cara Bikin Granola, Ikuti Resep Ini Dijamin Enak!

Cara Bikin Granola, Ikuti Resep Ini Dijamin Enak!

Bingung cara bikin granola? Makanan satu ini sekarang menjadi salah satu menu sarapan paling hits di antara para pecinta gaya hidup sehat. Mulai dari blogger sampai selebriti tengah tergila-gila dengan makanan satu ini. Granola terdiri dari rolled oats,...

0 Comments

Leave a Reply